Ini Fungsi Tombol Reset Pendaftaran di Akun SSCASN Bagi Formasi PPPK Guru

21-07-2021 | 15563 Kali


POHUWATO – Tombol reset pendaftaran akhirnya dirilis oleh Panselnas BKN di SSCASN dalam menjawab berbagai keluhan pelamar yang mengalami permasalahan terkait pendaftaran seleksi CASN Tahun 2021. Permasalahan yang terjadi khususnya pada pelamar PPPK Guru yang pada saat pendaftaran tidak terdeteksi datanya, baik itu yang dari Dapodik maupun alumni PPG. Tidak hanya itu, bahkan pada saat pemilihan formasi sekolah induk tidak ditemukan atau tidak ada lowongan di sekolah induk padahal sebelumnya ada.

Fungsi dari tombol reset pendaftaran SSCASN PPPK 2021 adalah untuk merubah/mereset dan/atau mengembalikan pilihan peserta untuk memilih formasi pada sekolah induk. Sekolah induk yang tadinya sudah tidak bisa dicari/menghilang ketika kita reset sekolah induk seudah muncul kembali. Bagi yang sudah sampai pada tahapan resume dapat menggunakan tombol reset untuk mengubahnya.

Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen, melansir JPNN, Minggu (18/7/2021), para pelamar PPPK 2021 khusus untuk formasi PPPK Guru untuk memeriksa akunnya di portal SSCASN, yaitu dengan melihat dan memastikan apakah terdapat tombol "reset pendaftaran". Jika ada, maka pelamar bisa melakukan pendaftaran ulang dan memilih formasi sesuai sekolah induknya.

Ia mengatakan, saat pelamar membuka akunnya maka di dalam aplikasi SSCASN telah ditambahkan menu "reset pendaftaran". Setelah diklik, pelamar melakukan pemilihan formasi di sekolahnya sesuai prosedur awal.

Dia menegaskan, yang di-reset semua calon peserta yang seharusnya bisa mendaftar di sekolahnya tetapi sempat dikunci Kemendikbudristek. Hal ini dikarenakan formasinya sudah terisi pelamar dari honorer sekolah lain. Dengan demikian, ujar Suharmen, pelamar bisa memilih atau mendaftar kembali di sekolah tempat dia mengabdi selama ini.

Sementara itu, untuk yang sudah berhasil mendaftar dan memilih formasi di sekolah asalnya, sesuai dengan data Kemendikbudristek, tidak muncul tombol reset. Artinya reset hanya bagi mereka yang punya hak di sekolah asalnya tetapi selama ini tidak diberikan kesempatan, karena datanya dikunci Kemendikbudristek.

Jadi kesimpulannya, tidak semua peserta harus me-reset pendaftaran PPPK dengan menggunakan tombol reset yang tersedia di resume pendaftaran. Mereset pendaftaran hanya perlu dilakukan oleh peserta guru honorer yang pada waktu mendafatar belum dapat memilih formasi di sekolah asalnya, jika tersedia formasi di sekolah asal. (rw)

PANDUAN RESET KLIK DISINI



Silakan berikan komentar atau saran tentang topik: Ini Fungsi Tombol Reset Pendaftaran di Akun SSCASN Bagi Formasi PPPK Guru, melalui tombol komentar dibawah.

Bagikan Informasi ke teman:

Hak cipta © BKPSDM Kabupaten Pohuwato
Semua Hak Dilindungi
Dikelola oleh Bidang P2 Inka
Peta Situs | Hubungi Kami